Sabtu, 28 Juli 2012

Pengenalan Bahasa Fortran 95


Kali ini saya akan membahas mengenai pemrograman. Saya akan menggunakan bahasa pemrograman Fortran 95. Kenapa saya menggunakan Fortran 95? Jawabannya gampang, keluarga Fortran adalah salah satu keluarga bahasa pemrograman yang paling mendekati Sistem Komputer selain Assembly dan Basic (^_^).
Compiler yang saya gunakan adalah GFortran dengan bantuan IDE Geany. Bagi yang memiliki compiler lainnya silakan digunakan karena inti dari pemrograman Fortran sama saja. Format data berupa *.f95.
Bahasa pemrograman Fortran terdiri dari Declaration SectionExecution Section dan Termination Section.Sekarang akan kita kupas satu per satu.
Declaration Section berisikan non-executablestatements yang berada pada bagian awal program. Bagian yang paling awal adalah statement PROGRAM yang mendefinisikan nama program kepada compiler. Di Fortran 95, nama program diperbolehkan sampai sepanjang 31 karakter, meliputi kombinasi huruf, angka dan underscore,dengan catatan bahwa karakter pertama haruslah huruf. Bagian berikutnya adalah deklarasi variabel. Variabel adalah tempat kita menaruh sebuah nilai tertentu untuk nantinya digunakan dalam perhitungan.
Di bawahnya terdapat Execution Section yang berisikan tindakan-tindakan yang akan dilakukan dalam program. Bisa merupakan perhitungan matematis, fungsi, prosedur dan lain sebagainya.
Dan terakhir adalah Termination Section yang berisikan statement STOP dan END PROGRAM. STOP berarti memerintahkan komputer untuk berhenti menjalankan program, sementara END PROGRAM memberitahu komputer bahwa tidak ada lagi statement yang harus di-compile.
Sekarang akan saya berikan contoh programnya. Program pertama ini adalah program untuk menampilkan tulisan “Saya suka Fortran”.
PROGRAM coba
WRITE (*,*) ‘Saya suka Fortran’
END PROGRAM coba
Dalam contoh program diatas, baris pertama adalah Declaration Section, baris kedua adalah Execution Sectiondan baris ketiga adalah Terminaton Section. Cukup mudah dimengerti, bukan?
Sekarang saya akan berikan sebuah program untuk menghitung perkalian :
PROGRAM program_tes
INTEGER :: i,j,k
WRITE (*,*) ‘Masukkan angka untuk mengalikan : ‘
READ(*,*) i,j
k = i*j
WRITE (*,*) ‘Hasil = ‘, k
STOP
END PROGRAM program_tes
Pertama, pada bagian Declaration Section, kita memberi nama program sebagai program_tes dan mendeklarasikan variabel i,j,k sebagai sebuah variabel integer (tipe-tipe variabel akan dibahas pada postingan selanjutnya).
Kemudian, pada bagian Execution Section, kita membaca input dari keyboard menggunakan perintah READ (*,*). Setelah kedua nilai i dan j masuk, kita akan mengalikan mereka berdua dan hasilnya ditaruh di variabel k. Lalu kita cetak nilai variabel k dengan perintah WRITE (*,*).
Terakhir, pada bagian Termination Section, kita menandakan akhir program dengan STOP dan END PROGRAM.
Sampai disini dulu penjelasan saya, semoga bermanfaat bagi anda semua.
Untuk sekarang, Auf Wiedersehen und hoffen Sie einige gute Studien habenmeine Freund!!!

2 komentar:

  1. Terimakasih, sharingnya sangat bermanfaat. Saya kutip ke blog saya ya...

    BalasHapus
  2. DaduDomino.com

    Situs BandarQ 7 Game 1 ID (New Games BandarSakong)
    Minimal Dp 20rb
    Minimal Wd 50rb

    Bonus Turnover dibagikan Setiap Hari dan Bonus Refferal Terbesar

    DaduPoker juga menyediakan 2 permainan Menarik :
    - Fish Hunter (Tembak Ikan) Klik >> www.gg626.com
    - Sabung Ayam (Cock Fight) Klik >> www.s1288.net

    Menang Hanya di DaduPoker

    Info Lebih Lanjut goo.gl/PpRXxc

    BBM : 2BE2B4B7

    BalasHapus

Designed by Animart Powered by Blogger